Pada tanggal 20 – 23 September 2012,  Fakultas Ekonomi UNLAM dan Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Kompartemen Akuntan Pendidik (KAPd) mengadakan kegiatan Simposium Nasonal UNLAM yang ke 15 di Banjarmasin. Kegiatan SNA XV ini merupakan ajang bergengsi bagi para dosen dan peneliti di bidang akuntansi. Dari lebih 400 makalah yang masuk, ada sekitar 100 makalah yang terpilih untuk dipresentasikan. Seleksi makalah oleh para reviewer betul-betul ketat.

Ini dilakukan untuk menjaga kualitas simposium agar benar-benar memiliki nilai akademis yang tinggi. Tema SNA XV adalah “Fraud & Forensic: Peran Akuntan dalam Pemberantasan Korupsi”. Tema ini sangat relevan di tengah kondisi negara dan bangsa Indonesia yang diliputi oleh berbagai kasus korupsi. Selain menghadirkan para peneliti dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, SNA XV juga mengundang tokoh nasional sebagai pembicara. Mereka adalah Wakil Menteri Hukum dan HAM Prof Dr Denny Indrayana, Kepala BPKP, Mardiasmo, Ak., MBA, Ph.D., Ketua BPK Drs Hadi Poernomo, dan perwakilan dari KPK.

Kesuksesan perhelatan ini tidak terlepas dari dukungan Pemerintan Provinsi Kalimantan Selatan, Pemerintah Kota Banjarmasin, Pemerintah Kabupaten Banjar, dan Pemerintah Kabupaten/Kota lainnya di Kalimantan Selatan. Selain itu dukungan dari dunia usaha dan perbankan di Kalimantan Selatan sangat membantu kelancaran kegiatan, seperti PT BTN (Persero) Tbk, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank BNI (Persero) Tbk, dan Bank Kalsel.