Pada saat persaingan dan teknologi tinggi memainkan peran penting di setiap aspek kehidupan, Fakultas Ekonomi Unlam diharapkan menjadi “Pusat Pendidikan Terbaik” di Indonesia Bagian Timur sehingga Program Studi Manajemen dapat menghasilkan para ekonom yang berwawasan dan berkemampuan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), dengan dilandasi moral Pancasila, turut serta dalam pengembangan ilmu pengetahuan untuk mendukung pembangunan nasional. Dalam penyelenggaraan pendidikan. Program Studi Manajemen pada tahun 2015 telah berhasil mempertahankan Akreditasi dari BAN-DIKTI dengan nilai B dan terus berusaha meningkatkan mutu pendidikan sehingga memperoleh nilai Akreditasi yang lebih baik.
Adapun S1 Reguler Prodi Manajemen merupakan pendidikan dengan :
- Gelar : SARJANA EKONOMI (SE)
- Status : Negeri (Tanpa Ujian Negara)
- Sistem : Satuan Kredit Semester
- Beban Studi Minimal : 144 SKS
- Pilihan Konsentrasi Keahlian : Manajemen Keuangan, Manajemen Operasional, Manajemen Sumber Daya Manusia dan Manajemen Pemasaran
- Tempat Kuliah : Kampus Fakultas Ekonomi UNLAM Banjarmasin
Visi Program Studi Manajemen
Menjadi Program Studi S1 Manajemen yang Bereputasi dan Berdaya Saing Nasional di bidang Ilmu Manajemen
Misi Program Studi Manajemen
- Melaksanakan dan mengembangkan pendidikan yang berkualitas dan relevan dengan perkembangan Ipteks,
- Mengembangkan penelitian yang berkualitas dalam bidang Ilmu Manajemen dan berguna bagi masyarakat,
- Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berkontribusi terhadap kebijakan ekonomi dan bisnis dalam mendukung pembangunan daerah dan nasional
- Mengembangkan kerjasama regional, nasional dan internasional dengan berbagai pihak yang dapat mendukung peningkatan kualitas pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada msyarakat.
Tujuan Pendidikan
Penetapan misi Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Unlam adalah menyelenggarakan pendidikan dan penelitian yang mendukung pembangunan daerah dan nasional, pengabdian pada masyarakat, membina kehidupan akademik yang sehat serta elestarikan dan mengembangkan iptek dengan mengoptimalkan pendayagunaan sumber daya yang tersedia. Untuk mewujudkan visi dan misi Fakultas Ekonomi Unlam, maka Program Studi Manajemen merumuskan tujuan pendidikan yaitu:
- Menghasilkan lulusan yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, bersemangat ilmiah, profesional, mempunyai keahlian/keterampilan khusus dan daya saing secara nasional.
- Menghasilkan penelitian yang terpublikasi ditingkat regional, nasional maupun internasional
- Memanfaatkan hasil-hasil penelitian melalui kegiatan pengabdian untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat.
- Menghasilkan kerjasama yang lebih banyak dan bermanfaat bidang pendidikan, penelitian, dan kegiatan profesional dengan pemerintah, swasta dan badan-badan lain pada tingkat lokal, nasional maupun internasional.
Prospek Kerja
Lulusan Jurusan / Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Univesitas Lambung Mangkurat telah terserap di berbagai instansi baik pemerintah maupun swasta. Namun banyak juga yang berhasil sebagai pengusaha yang mandiri. Lulusan yang dihasilkan telah bekerja pada :
- Departemen-Departemen di Lingkungan Pemerintah RI
- Pemda Tk. I dan Tk. II yang tersebar di seluruh Indonesia
- Lembaga Perbankan
- Lembaga Pendidikan
- BUMN dan BUMD
- Perusahaan Swasta (dalam dan luar negeri)
- Wiraswasta dan Profesional Lainnya
- Anggota Legislatif dll
Kurikulum berbasiskan Kompetensi
Untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas lulusan s telah diterapkan kurikulum baru yang berbasiskan kompetensi. Kurikulum baru yang dihasilkan melalui Tehnical Assistance (TA) dan Lokakarya Pemutakhiran Kurikulum berbasiskan kompetensi adalah kurikulum berdasarkan konsentrasi keahlian. Melalui konsentrasi keahlian diharapkan Lulusan mempunyai keunggulan kompetitif dalam bidang konsentrasi keahlian yang dipilihnya.
Adapun bidang konsentrasi keahlian yang bisa dipilih adalah sebagai berikut :
1. Manajemen Sumber Daya Manusia
2. Manajemen Keuangan
3. Manajemen Pemasaran
4. Manajemen Kewirausahaan
Mata Kuliah yang dipelajari Pada Program Studi Manajemen
No. | Mata Kuliah | SKS | No. | Mata Kuliah | SKS |
I. Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian | IV. Mata Kuliah Perilaku Berkarya | ||||
1 | Pendidikan Agama | 2 | 1 | Manajemen Resiko | 3 |
2 | Pendidikan Pancasila | 2 | 2 | Manajemen Koperasi&UKM | 3 |
3 | Pendidikan Kewarganegaraan | 2 | 3 | Ekonomi Internasional | 3 |
4 | Bahasa Indonesia | 2 | 4 | Perpajakan | 3 |
5 | Bahasa Inggris | 3 | 5 | Manajemen Pemasaran Internasional | 3 |
II. Mata Kuliah Keilmuan & Keterampilan | 6 | Seminar Manaj. Operasional | 3 | ||
1 | Pengantar Ekonomi Mikro | 3 | 7 | Seminar Manajemen SDM | 3 |
2 | Pengantar Ekonomi Makro | 3 | 8 | Seminar Manaj. Pemasaran | 3 |
3 | Pengantar Bisnis | 3 | 9 | Seminar Manaj. Keuangan | 3 |
4 | Manajemen | 3 | 10 | Riset Operasi | 3 |
5 | Pengantar Akuntansi I | 3 | 11 | Perilaku Keorganisasian | 3 |
6 | Pengantar Akuntansi II | 3 | 12 | Ekonomi Manajerial | 3 |
7 | Matematika Ekonomi | 3 | 13 | Manajemen Agribisnis | 3 |
8 | Matematika Ekonomi Lanjutan | 3 | 14 | Penganggaran Perusahaan | 3 |
9 | Statistika Ekonomi I | 3 | 15 | Teknik Proyeksi Bisnis | 3 |
10 | Statistika EKonomi II | 3 | 16 | Perilaku Konsumen | 3 |
11 | Metodologi Penelitian | 3 | 17 | Teori Pengambilan Keptsan | 3 |
12 | Perekonomian Indonesia | 3 | 18 | Komunikasi Bisnis | 3 |
13 | Pengantar Aplikasi Komputer | 3 | 19 | Manajemen Keuangan Internasional | 3 |
14 | Bank dan Lembaga Keuangan | 3 | 20 | Sistem Informasi Manajemen II | 3 |
15 | Bahasa Inggris Ekonomi | 3 | 21 | Manajemen Mutu Terpadu | 3 |
III. Mata Kuliah Keahlian Berkarya | 22 | Kewirausahaan | 2 | ||
1 | Akuntansi Biaya | 3 | 23 | Manajemen Ritel | 2 |
2 | Manajemen SDM | 3 | 24 | Manajemen Produk & Merk | 2 |
3 | Manajemen Keuangan | 3 | 25 | Pemasaran Jasa | 2 |
4 | Manajemen Pemasaran | 3 | 26 | Manajemen Logistik & Persediaan | 2 |
5 | Manajemen Operasional | 3 | 27 | Manajemen Proses Bisnis | 2 |
6 | Manajemen Strategik | 3 | 28 | Manajemen Operasional Global | 3 |
7 | Sistem Informasi Manajemen | 3 | 29 | Manajemen Jasa | 2 |
8 | Manaj. Lembaga Keuangan | 3 | 30 | Kepemimpinan | 2 |
9 | Akuntansi Manajemen | 3 | 31 | MSDM Internasional | 2 |
10 | Manajemen SDM Lanjutan | 3 | 32 | Perilaku Organisasi Internasional | 2 |
11 | Manajemen Pemasaran Lanj. | 3 | 33 | Manajemen perubahan | 2 |
12 | Manajemen Operasional Lanj. | 3 | 34 | Manajemen Kompensasi | 2 |
13 | Studi Kelayakan Bisnis | 3 | 35 | Manajemen Kinerja SDM | 2 |
14 | Manaj. Lembaga Keuangan | 3 | IV. Mata Kuliah Perilaku Bermasyarakat | ||
15 | Manajemen Investasi & Pasar Modal | 3 | 1 | Pengantar Hukum Bisnis | 2 |
16 | Manajemen Bank & Lemb. Keuangan Syariah | 2 | 2 | Kuliah Kerja Nyata /
Kuliah Kerja Usaha / Magang |
3 |
17 | Analisis Laporan Keuangan | 2 | |||
18 | Manajemen Pemasaran Strategik | 2 | 3 | Skripsi | 6 |
Jumlah SKS Mata Kuliah yang Ditawarkan = 212 SKS |
|||||
Jumlah SKS Mata Kuliah Minimal yang harus diambil = 144 SKS |