Sebelum memasuki kegiatan perkuliahan beberapa tahapan kegiatan pembekalan untuk kehidupan dan wawasan kampus (ospek) bagi mahasiswa baru perlu dilaksanakan sebagai bekal dan sambutan akan pentingnya mengenal dan memahami bagaimana semestinya seorang mahasiswa baru masuk kedalam kehidupan kampus dalam menjalani keseharian sebagai pelajar di Perguruan Tinggi.

Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru atau sering disebut dengan istilah (PKKMB) bagi mahasiswa yang baru diterima di Perguruan Tinggi Negeri maupun swasta tak heran menjadi hal yang paling mendebarkan bagi mahasiswa itu sendiri. Bagaimana tidak, Seorang mahasiswa baru tentu sangat berharap harap cemas belum mengetahui seperti apa dan bagaimana membawa seorang diri untuk dapat bisa berproses menjadi seorang mahasiswa untuk belajar dalam memasuki langkah baru untuk menimba ilmu dari para Expert dalam Perguruan Tinggi yang diidamkan dan diimpikan yang tentu tidak lain demi tujuan dapat menggapai harapan dan cita cita dimasa depan.

Momen PKKMB 27 September 2020 menjadi saat yang sangat fenomenal dan berbeda. Bagaimana tidak, banyaknya mahasiswa baru yang biasanya sangat berantusias ingin mengetahui seluk beluk dan mekanisme untuk masuk keperguruan tinggi dalam momen ini tentu dengan mendatangi dan berinteraksi langsung dengan setiap bagian kehidupan kampus, baik dengan Dosen, sesama rekan mahasiswa baru, tenaga kependidikan yang akan melayani, maupun lingkungan dan fasilitas yang ada dalam menunjang kebutuhan belajar mengajar dalam proses perkuliahan yang diharapkan dapat menjadi bekal serta pemahaman dasar sebagai modal untuk bisa menjalani kegiatan keilmuan nantinya selama menjalani kehidupan kampus dalam masa menjadi mahasiswa sampai dinyatakan lulus dan menyandang gelar perjuangannya.

Unsur Pimpinan Fakultas Ekonomi dan Bisnis ULM Memberikan Sambutan dan Edukasi dalam Sesinya di PKKMB Online

Pandemi Covid-19 menjadi alasan fenomenal PKKMB dilaksanakan dengan “Anti Mainstream” atau tidak biasa. Kali ini mahasiswa baru hanya dapat menyaksikan semua mekanisme pengenalan kehidupan kampus dari layar kaca (Secara Online) pasca meningkatnya kasus penyebaran dan infeksi Covid-19 dimasa pandemi khususnya di Kalimantan Selatan.

Wakil Dekan II FEB ULM Memberikan Sambutan Dalam Sesi PKKMB online

Akan tetapi satu hal yang dapat diambil  untuk pengajaran awal sebagai status seorang mahasiswa baru, kegiatan PKKMB secara Virtual/ Online tidak mengurangi esensi dan antusiasme rasa yang hadir untuk  dapat dijadikan motivasi sebagai upaya pembelajaran dan kesadaran bahwa tidak harus selalu mengeluarkan upaya lebih untuk bisa mengerti dan memahami, tidak harus selalu harus dekat untuk dapat berjumpa. Era digitalisasi mendominasi dalam setiap manuver gerak aktivitas manusia saat ini terutama dalam menunjang berbagai kebutuhan dan kegiatan yang dulunya masih dilakukan secara klasik dan manual.

Dari berbagai cara dan upaya pemanfaatan teknologi dan sumber daya yang ada merupakan kunci utama dalam memecahkan hambatan yang ada. Ini adalah bagian dari pola pikir seorang mahasiswa yang seharusnya dijadikan refleksi dan semangat dalam meraih mimpi dengan mengoptimalkan semua media dan penunjang yang ada untuk dapat terus belajar dalam setiap situasi dan kondisi.

Tidak hanya itu sadar teknologi dan  memahami kondisi saat ini merupakan tantangan sekaligus acuan bagi mahasiswa baru Fakultas Ekonomi dan Bisnis untuk dapat berfikir secara logis dan kritis betapa setiap aktivitas dan upaya dalam kehidupan tidak terlepas dari aspek “Chance & Source” jika benar benar paham mau berfikir dan berupaya, calon mahasiswa baru akan sadar pentingnya memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam menunjang setiap tujuan dan aktivitas dengan ide dan kreatifitas tanpa batas.

PKKMB Virtual Semester Ganjil Tahun Akademik 2020/2021

UPKH FEB ULM 27 September 2020