Sabtu 12 Juni 2021 Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin Dr. Atma Hayat, Drs. Ec. M.Si., Ak., CA terpilih menjadi Ketua dari asosiasi lembaga professional yaitu Ikatan Akuntan Indonesia Wilayah Kalimantan Selatan untuk Periode 2021-2025.

Narasumber Prof. Dr. Nunuy Nur Afiah, M.Si., Ak., CA dalam Paparannya dan Moderator Dra. rawintan EB, M.Com., MTQM., (Hons)., Ak., CA

Profesi akuntansi sudah menjadi keseharian beliau selain  menjabat sebagai Dekan FEB ULM keseharian yang dilaksanakan juga menjadi pengabdian dalam mencerdaskan kehidupan bangsa yaitu menjadi dosen dalam jurusan ilmu akuntansi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis ULM.

Sejak pemilihan Ketua IAI Wilayah Kalimantan Selatan pada tanggal 13 Maret 2021  potensi untuk menjadi pimpinan IAI semakin besar hal ini ditunjukan dengan tingkat dukungannya menjadi yang tertinggi kedua setelah Dr. Fahmi Rizani, Drs. MM., Ak., CA., CPA Ketua IAI Periode 2015-2021 banyak diusulkan. Akan tetapi pada komitmennya ketua IAI sebelumnya sudah menyampaikan bahwa dedikasinya selama ini sudah cukup dan perlu regenerasi dan memberikan kesempatan itu pada yang lebih tepat dan baik lagi.

Syaiful Ali, MIS., Ph.D., CA Narasumber 2 dalam Webinar Nasional

Pelantikan Ketua IAI Wilayah Kalsel dirasa begitu kurang lengkap jika tanpa diisi dengan seuatu yang bernilai dan bermanfaat apalagi dalam ketentuaanya seluruh undangan yang hadir berasal dari berbagai daerah di Indonesia yang mewakili IAI Wilayah nya masing masing. Selain itu pejabat pemerintah dan lembaga keuangan lain juga akan turut hadir sesuai relevansi acara dan stuktur kepengurusannya yang dikeluarkan oleh DPN IAI Pusat seperti melibatkan Gubernur, Walikota, Kepala DJP Wilayah, Kepala BPK, Kepala BPKP dan Tamu Kehormatan lainnya sebagai penasehat IAI Wilayah Kalimantan Selatan.

Narasumber Pertama Saat Pamit dalam Webinar Nasional Secara Virtual/ Online saat Sesi tanya Jawab Berakhir

Fakulltas Ekonomi dan Bisnis ULM sebagaimana diketahui sebagian besar Dosen jurusan akuntansi merupakan Dosen dengan menyandang gelar profesi Akuntan yang akan selalu menanti nanti bahsan update keilmuan dalam isu isu terkini. Dengan demikian berdasarkan beberapa koordinasi dan inisiasi beberapa pihak Webinar Nasional dengan Tema “Arah Pendidikan Profesi Akuntansi di Era Digitalisasi” diangkat dengan tujuan menjawab dan memberikan bayangan jelas mengenai arah program profesi ini dimasa yang akan datang.

Sebagai Dewan Pembina dan Anggota Dewan Pengurus Nasional IAI Prof. Dr. Nunuy Nur Afiah, SE., M.Si., Ak., CA (UNPAD Bandung) menjadi Narasumber ideal bagi pengisi tema webinar nasional yang diusung dalam rangkaian acara pelantikan pengurus IAI Wilayah Kalsel Periode 2021-2025 yang dilanjutkan dengan bahasan tema webinar nasional yang sedang menjadi perbincangan hangat dikalangan pengurus program studi pendidikan profesi akuntansi (PPAk) terkhusus dari aspek akademisi. Syaiful Ali, MIS., Ph.D., CA yang merupakan Anggota DSAP IAI juga bersedia mengisi webinar tersebut dari perspektif praktisi di era digitalisasi.

Diskusi panjang dalam webinar tercatat kalimat dan intisari kesimpulan yang memberikan pencerahan, dimana era digitasliasi yang sudah masuk dalam semua aspek kehidupan termasuk profesi akuntansi betul saja benyak mebuat efisiensi dan tidak melibatkan banyak manusia didalamnya, akan tetapi “Profesi” yang dimiliki oleh Akuntan dapat dikembangkan melalui pembaruan manajemen skill, sosial intelligens, dan Comunication Skill yang tidak akan pernah tergantikan oleh sistem dan robot, maka Profesi Akuntan akan tetap dibutuhkan sekarang, saat ini, dan selamanya dengan tetap terbuka dan belajar mengikuti perubahan itu sendiri.

Kelengkapan topik dan bahasan ini ditindak lanjuti Dekanat FEB ULM denga melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) pasca webinar dilaksanakan dan sekaligus dilaksanakannya kerjasama antara Program Studi Akuntansi, Diploma III Akuntansi, dan Program Magister Akuntansi dengan Ikatan Akuntan Indonesia Wilayah Kalsel Periode 2021-2025 yang baru saja dilantik guna meningkatkan sinergitas dalam menjalankan program kerja masing masing pihak sesuai aktivitas dan amanat prakarsa 6.1.

Banjarmasin 12 Juni 2021

UPKH FEB ULM