Seminar Internasional 2nd IFBE dan 7th ISWEM 2021
Kerja Sama Fakultas Ekonomi dan Bisnis ULM dan PPJP telah digelar dan dimulai minggu 24 Oktober 2021, hingga 26 Oktober 2021.

Panitia IFBE dan ISWEM 2021 dari FEB dan PPJP ULM

Panitia yang terbentuk kolaborasi dari FEB ULM dan PPJP ULM sebelumnya sudah melaksanakan rapat kerja secara intensif pada tanggal 22 sampai 23 Oktober 2021 di Golden Tulip Hotel Banjarmasin untuk mempersiapkan dan mengkoordinasikan progres rapat kerja untuk kedua agenda IFBE dan ISWEM 2021 agar dapat dilaksanakan secara optimal dan mencapai suksesi dalam even internasional ini.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Lambung Mangkurat kolaborasi dengan Pusat Pengelolaan Jurnal dan Penerbitan (PPJP) , kali ini berkesempatan menggelar kembali sebagai pelaksana kegiatan seminar internasional “The 2nd International Forum on Business and Economy (IFBE) 2021” berbarengan dengan “The 7th International Symposium on Wetlands Enviromental Management (ISWEM) 2021.

Sambutan diberikan oleh Dekan FEB ULM Dr. H. Atma Hayat, Drs. Ec, M.Si., Ak., CA dan seminar nasional ini resmi dibuka Rektor ULM Prof. Dr. Sutarto Hadi, M.Si., M.Sc.

Prof. Dr. Ir. Abdul Hadi, M.Agr selaku wakil ketua panitia seminar yang juga sebagai Kepala Pusat Jurnal dan Penerbitan ULM menjelaskan, sebenarnya ini adalah agenda tahunan, namun karena pandemi Covid-19 kemarin sempat terhenti dan tahun ini dilanjutkan kembali dan ULM dipercaya sebagai penyelenggara.

“Seminar ini berisi presentasi makalah baik dari para peneliti ULM, Universitas Gajah Mada, INSTIPER Indonesia juga partisipan dari manca negara seperti dari Universitas global Humanistik USA, Nnamdi Azikiwe University Nigeria dan dari Kyung Hee University Korea. Kegiatan dilaksanakan secara hybrid yang dihadiri peserta secara
offline sebanyak 92 peserta dan 328 peserta secara online,”.

Diskusi Secara Hybrid pada IFBE dan ISWEM 2021

IFBE ke 2 dan ISWEM ke 7 dalam pelaksanaan kali ini sesuai Visi ULM yaitu satu diataranya adalah unggul dan berdaya saing di bidang lahan basah. Ini melibatkan para peneliti di bidang lahan basah yang endingnya adalah hasil penelitian akan masuk pada jurnal internasional, menjadi buku, bisa diakses dan bermanfaat bagi masyarakat luas, juga bagi pelaku industri.

“Tema tahun ini tentang pemulihan ekonomi pasca pandemi. Hal ini benar-benar menjadikan seminar internasional tahun ini fokus pada bahan bahasan lahan basah, yang diharapkan hasil daripada output diskusi kegiatan ini dapat membuat perekonomian pulih kembali pasca pandemi bahkan bisa kembali lebih baik lagi dan bertumbuh.

Selain itu kegiatan Call for Paper diikuti 24 presenter dari seluruh perguruan tinggi di
Indonesia, acara dilakukan secara hybrid dan diikuti secara antusias
sekitar 300 peserta secara online dengan hasil akhir diperolehnya pemenang dari berbagai penilaian reviewer sebagai Best Paper dan Best Presenter dengan “Door Prize” jutaan rupiah.

Seminar nasional ini merupakan rangkaian kegiatan Dies Natalies ke-63 FEB ULM dan Dies Natalis ke-63 ULM di tahun 2021.

UPKH-FEB ULM 26 Oktober 2021