Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat (FEB ULM) dan Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan (DJPb Kemenkeu) menyelenggarakan Kuliah Umum Edukasi dan Sosialisasi Pembiayaan APBN & SBN Ritel pada Selasa (20/02). Adapun Obligasi Negara Ritel (ORI) yang disosialisasikan dan ditawarkan dalam kuliah umum ini yaitu Seri ORI025-T3 dan ORI025-T6. Kegiatan ini menghadirkan Deni Ridwan, Ph.D., Direktur Surat Utang Negara Kemenkeu, sebagai narasumber dan dimoderatori oleh Wakil Dekan I FEB ULM, Dr. Muzdalifah, S.E., M.Si. Kegiatan ini dilaksanakan secara luring di Lecture Theater Building FEB ULM. 

Kegiatan ini bertujuan agar masyarakat secara luas lebih paham tentang pengelolaan Surat Berharga Negara (SBN) dan peran Anggaran Pendapatan dan Pembelanjaan Negara (APBN) dalam membangun Indonesia. Masyarakat memiliki kesempatan untuk menjadi investor dan berkontribusi mengurangi defisit dari anggaran yang diperlukan. Mahasiswa dan civitas akademika juga dapat ikut mensosialisasikan cara pengelolaan keuangan individu yang baik, strategi berinvestasi yang benar dan instrumen-instrumennya agar warga Indonesia terhindar dari investasi bodong dan penyesalan di masa depan. Diharapkan literasi pengetahuan masyarakat tentang keuangan dan investasi yang masih rendah dapat meningkat dengan diselenggarakannya kuliah umum ini. 

Sementara itu, pelaksanaan tugas dan fungsi Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Selatan (DJPb Kalimantan Selatan) telah menghasilkan banyak data terkait APBN yang berasal dari proses bisnis pelaksanaan anggaran serta kajian dan analisis fiskal di wilayah Kalimantan Selatan. Dalam rangka optimalisasi pemanfaatan data dan kajian tersebut, DJPb Kalimantan Selatan meresmikan Treasury Corner yang berlokasi di Post Graduate Building Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Lambung Mangkurat. Peresmian Treasury Corner sekaligus penandatanganan Nota Kesepahaman antara Rektor Universitas Lambung Mangkurat dengan Kepala Kanwil DJPb Kalimantan Selatan dilaksanakan di Lobby  kampus FEB Universitas Lambung Mangkurat.

Treasury Corner merupakan program strategis Kanwil DJPb Kalimantan Selatan dalam mewujudkan sinergi dan kolaborasi kelembagaan, khususnya dengan Universitas Lambung Mangkurat dalam pemanfaatan data, pengembangan kapasitas SDM, dan upaya kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi melalui berbagai kajian fiskal dalam lingkup regional. Di dalam Treasury Corner ditampilkan infografis perkembangan kinerja fiskal regional, pelaksanaan APBN, Government Finance Statistic, dan informasi perbendaharaan serta program beasiswa melalui LPDP. Selain itu, Treasury Corner menyediakan fasilitas sistem informasi regional berupa dashboard Dana Alokasi Transfer ke Daerah, dashboard Dana Dekonsentrasi dan Tugas Pembantuan, dashboard collecting agent, weekly report kinerja fiskal, dan virtual library yang berisi kajian dan analisis perekonomian daerah. Selain fasilitas informasi, Treasury Corner juga memiliki program sharing knowledge dan diskusi fiskal regional dan seputar APBN. Kehadiran Treasury Corner di kampus Universitas Lambung Mangkurat ini diharapkan memberikan manfaat bagi civitas akademika dan menjadi awal optimalisasi kemanfaatan data dan kajian yang dimiliki oleh Kanwil DJPb Kalimantan Selatan” pungkas Syafriadi.

Dalam acara tersebut Kepala Kanwil DJPb Kalimantan Selatan, Syafriadi juga menyampaikan selayang pandang mengenai Treasury Corner. “Banyak data yang dihasilkan oleh Kanwil DJPb Kalimantan Selatan, baik data APBN yang merupakan output dari proses bisnis pengelolaan APBN, data perekonomian yang didapatkan dari sinergi dan kolaborasi dengan mitra strategis, serta kajian dan analisis perekonomian di daerah. Output dan produk tersebut kami harapkan bisa lebih bermanfaat bagi seluruh pihak, terutama di kalangan civitas akademika. Untuk itu, kami menginisiasi Treasury Corner yang kami bangun di dalam lingkungan Kampus ULM ini” tegas Syafriadi.

Reportase: Nur Jaidah, Rizky Amalliah, Oktavia Ramadina.