Latar Belakang
Dalam rangka melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi Fakultas Ekonomi Universitas Lambung Mangkurat telah membentuk suatu organisasi otonom yang diberi nama “Lembaga Manajemen”.
Pembentukan lembaga ini dilandasi oleh keinginan dari civitas akademika yang perduli atas pembangunan daerah dan nasional melalui peningkatan partisipasi dalam pengembangan profesionalitas dan karya nyata bidang manajemen diberbagai sektor pembangunan, terutama sekali di sektor dunia usaha. Lembaga Manajemen juga dikehendaki sebagai wadah bagi para pakar dan praktisi manajemen bergabung untuk meningkatkan profesionalitas dan karya nyata.
Sejalan dengan kehendak tersebut di atas, maka kegiatan utama yang dilakukan dalam Lembaga Manajemen adalah di bidang penelitian, pelatihan, dan konsultasi. Melalui kegiatan-kegiatan Lembaga Manajemen tersebut, diharapkan civitas akademika Fakultas Ekonomi Universitas Lambung Mangkurat dapat turut serta berpartisipasi dalam upaya pembangunan daerah dan nasional, baik yang dilakukan oleh Pemerintah maupun swasta.
Maksud dan Tujuan
- Mengembangkan Ilmu Pengetahuan dan kemampuan bidang manajemen dalam rangka mengembangkan sumber daya manusia diberbagai sektor, khususnya di sektor dunia usaha.
- Membantu pemerintah dan instansi terkait dalam menggali permasalahan dan pemecahannya serta mengembangkan konsep pembangunan diberbagai sector, khususnya dunia usaha.
- Membantu dunia usaha swasta, koperasi dan BUMN/BUMD untuk mengkaji permasalahan dan proyek pengembangan perusahaan serta memberikan jasa perusahaan yang relevan, antara lain dalam rangka kemitraan perusahaan kecil dan menengah dengan perusahaan besar.
Program Kerja
Untuk mencapai maksud dan tujuan tersebut lembaga ini dapat melakukan kegiatan-kegiatan antara lain :
- Mengadakan penelitian ilmiah dan terapan serta pertemuan ilmiah
- Melaksanakan program-program pendidikan dan pelatihan manajemen dan keterampilan tenaga kerja di bidang produksi, pemasaran, keuangan dan sumber daya manusia
- Memberikan jasa konsultasi bagi pengembangan dunia usaha di bidang produksi, pemasaran, keuangan dan sumber daya manusia
- Memberikan bantuan dan bimbingan dalam pembuatan studi kelayakan / evaluasi proyek
- Memberikan pelayanan dan bimbingan dalam penyelesaian perpajakan
- Memberikan pelayanan dan bimbingan dalam membantu kertas kerja, laporan-laporan, dokumen perencanaan, evaluasi dan lain-lain
- Memberikan pelayanan dan kerjasama dengan pemerintah daerah dan instansi serta lembaga lainnya dalam proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi hasil-hasil pembagunan. Khususnya di sektor dunia usaha
- Memberikan pelayanan dalam analisis dan usaha peningkatan pendapatan asli daerah Propinsi, Kabupaten dan Kota
- Menyediakan tenaga pendamping dalam pengelolaan program pembangunan pemerintah di pedesaan
Dalam rangka melaksanakan program-program tersebut Lembaga Manajemen membuka kesempatan bagi instansi pemerintah, serta BUMN & BUMD ataupun perusahaan-perusahaan swasta untuk bekerja sama.
Selama ini Lembaga Manajemen telah melakukan berbagai kegiatan baik secara mandiri maupun bekerja sama dengan berbagai instansi pemerintah dan swasta.
Di bidang penelitian telah dilakukan kerjasama dengan Kantor Wilayah Departemen Koperasi Propinsi Kalimantan Selatan dalam rangka penyusunan informasi perkoperasian di Kalimantan Selatan. Selain itu juga dilakukan Kerjasama dengan PT Pupuk Kaltim dalam penelitian Evaluasi Hasil Pelatihan Manajemen Keuangan Pengusaha Kecil dan Koperasi.
Di bidang pelatihan dan konsultasi telah dilakukan kerjasama dengan Kantor Wilayah Departemen Koperasi, Pengusaha Kecil dan Menengah Propinsi Kalimantan Selatan, Kantor Wilayah Departemen Perindustrian dan Perdagangan Propinsi Kalimantan Selatan, PT. Pupuk Kaltim, PT Jamsostek, PT Wirantono Cold Storage Banjarmasin, dan PT Indonesia Bulk Terminal Banjarmasin. Pelatihan dan konsultasi tersebut diikuti oleh para pengusaha kecil dan menengah serta koperasi yang menjadi mitra binaan di samping para pejabat di instansi atau perusahaan yang langsung ikut serta baik dalam bentuk pertemuan kelas ataupun in house training.