• Telp : +62-511-3305116, Faxs : +62-511-3306654
  • sekdek.feb@ulm.ac.id
  • Jl. Brigadir Jenderal H. Hasan Basry, Banjarmasin, Kalimantan Selatan - 70123

Dr. Fahmi Rizani, MM. Ak, CA, CPA

Peran & Tanggung Jawab Dr. Fahmi Rizani selaku Ketua Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Kal-Sel

Peran & Tanggung Jawab Dr. Fahmi Rizani, MM. Ak, CA, CPA selaku Ketua Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Kalimantan Selatan sangat penting dalam meningkatkan mutu Akuntan Indonesia Khususnya di Wilayah Kalimantan Selatan

Dalam melaksanakan Peran & Tanggung Jawabnya selaku Ketua Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Kalimantan Selatan, Dr. Fahmi Rizani, MM. Ak, CA, CPA berusaha mewujudkan tercapainya maksud, tujuan, dan fungsi dibentuknya Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) dalam rangka turut serta dalam Pembangunan Indonesia melalui transparansi keuangan dan akuntansi yang dapat dipertanggung jawabkan.

Ikatan Akuntan Indonesia yang selanjutnya disebut IAI, adalah organisasi profesi yang menaungi seluruh Akuntan Indonesia. Sebutan IAI dalam Bahasa Inggris adalah Institute of Indonesia Chartered Accountants. IAI menjadi satu-satunya wadah yang mewakili profesi akuntan Indonesia secara keseluruhan, baik yang berpraktik sebagai akuntan sektor publik, akuntan sektor privat, akuntan pendidik, akuntan publik, akuntan manajemen, akuntan pajak, akuntan forensik, dan lainnya. IAI didirikan pada tanggal 23 Desember 1957 dengan dua tujuan yaitu 1. membimbing perkembangan akuntansi serta mempertinggi mutu pendidikan akuntan; dan 2. mempertinggi mutu pekerjaan akuntan.

Adapun peran Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) adalah melaksanakan beragam kegiatan diantaranya pendaftaran dan pelayanan keanggotaan; pengembangan dan penyusunan standar akuntansi keuangan; pengembangan dan penegakkan kode etik akuntan; pemberian konsultasi untuk pengembangan usaha kecil, menengah dan koperasi; publikasi; hubungan internasional; menjadi pusat pengetahuan dan pengembangan akuntansi; menjaga dan meningkatkan kompetensi akuntan melalui kegiatan pendidikan dan pelatihan; melaksanakan sertifikasi di bidang akuntansi sebagai tolak ukur standar kualitas keprofesian; serta menjaga kepercayaan pemakai jasa dan masyarakat luas atas hasil kerja profesi akuntan yang tergabung dalam IAI.

IAI bertanggungjawab menyelenggarakan ujian sertifikasi akuntan profesional (ujian Chartered Accountant-CA Indonesia), menjaga kompetensi melalui penyelenggaraan pendidikan profesional berkelanjutan, menyusun dan menetapkan kode etik, standar profesi, dan standar akuntansi, menerapkan penegakan disiplin anggota, serta mengembangkan profesi akuntan Indonesia.

IAI merupakan pendiri dan anggota International Federation of Accountants (IFAC), organisasi profesi akuntan dunia yang merepresentasikan lebih 3 juta akuntan yang bernaung dalam 170 asosiasi profesi akuntan yang tersebar di 130 negara. Sebagai anggota IFAC, IAI memiliki komitmen untuk melaksanakan semua standar internasional yang ditetapkan demi kualitas tinggi dan penguatan profesi akuntan di Indonesia. IAI juga merupakan anggota sekaligus pendiri ASEAN Federation of Accountants (AFA). Saat ini IAI menjadi sekretariat permanen AFA.

 

Sumber : http://maksi.febulm.ac.id/index.php/dosen-maksi-highlight/item/59-peran-tanggung-jawab-dr-fahmi-rizani-selaku-ketua-ikatan-akuntan-indonesia-iai-kal-sel

Link CV Dr. Fahmi Rizani, MM, Ak, CA, CPA

Pendidikan Terakhir

    1. S3 Ilmu Akuntansi Univeristas Airlangga

Professional Organization Membership

    1. Indonesian Economists Association (ISEI)
    2. Ikatan Akuntan Indonesia (IAI)

Research Interests

    1. Akuntansi Manajemen
    2. Auditing
    3. Good Clean Goverment (GCG)

Pengalaman Jabatan

    1. Ketua Jurusan S1 Akuntansi FEB ULM
    2. Dekan FEB ULM
    3. Ketua IAI cabang Kalimantan Selatan
    4. Ketua Sistem Pengendalian Internal FEB ULM