Rabu 26 Agustus 2020 merupakan hari yang tidak biasa, yang mana rapat kerja persiapan perkuliahan semester ganjil tahun akademik 2020/2021 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat dihadapkan pada dua kondisi yang luar biasa. Satu kondisi dimana pandemi masih berlangsung  yang secara otomatis dampaknya sangat signifikan pada aktivitas belajar mengajar serta pada agenda dan program yang telah ditetapkan sesuai program tahunan kalender akademik. Sebelumnya program dan aktivitas kampus sebagian besar dilaksanakan secara konvensional, sejak pandemi covid-19 kini semuanya harus berubah menjadi versi digital/ online. Secara umum perlu upaya extra dalam tata kelola yang dihadapkan dengan kondisi pandemi covid-19 agar semua program yang telah ditetapkan dapat terus berjalan sebagaimana mestinya sebagai bentuk komitmen dan upaya pemenuhan hak layanan kepada para stakeholders.

Kondisi kedua diera menuju new normal pasca pandemi berakhir isu yang sedang ramai dihadapi adalah terkait “Merdeka Belajar” atau “Kampus Merdeka”. Isu tersebut dalam lingkupnya menggambarkan bahwa tidak ada lagi batas bagi mahasiswa di Perguruan Tinggi dalam meraih bidang ilmu tertentu hal ini otomatis menjadi pekerjaan rumah (PR) khusus bagi semua sivitas akademika Perguruan Tinggi di Indonesia dalam mempersiapkan “Jurus” nya menghadapi tantangan masa depan tersebut agar tetap bisa “EKSIS” dan bertahan menghasilkan para lulusan handal yang benar-benar siap pakai dan kompeten serta teruji secara komprehensif.

Rapat kerja bidang akademik untuk persiapan perkuliahan semester ganjil tahun akademik 2020/2021 kali ini langsung di Pimpin oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis ULM Dr. H. Atma Hayat, Drs. Ec. M.Si., Ak., CA dan Materi Rapat langsung disampaikan Wakil Rektor I Bidang Akademik ULM (Dr. H. Aminuddin Prahatama Putra, M.Pd) berdasarkan surat permohonan sebagai Narasumber dari Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis ULM mengingat pentingnya terkait isu kedepan tentang “MERDEKA BELAJAR” atau “KAMPUS MERDEKA”. Hal ini menggambarkan bahwa kondisi Rapat kerja kali ini tidak biasa dimana lingkup bahasan rapat kerja tidak hanya sekedar membahas kegiatan persiapan perkuliahan secara normal (Bezzeting) seperti selama ini berlangsung yang biasanya cukup di Pimpin oleh Wakil Dekan I Bidang Akademik, melainkan ada beberapa poin penting yang disampaikan yaitu mengenai isu masa depan pendidikan dan Bagaimana Mekanisme kesiapan isu tersebut diaplikasikan secara terstruktur dan formal dalam kurikulum pedoman pendidikan saat ini.

Terkait bidang akademik Merdeka Belajar/ Kampus Merdeka merupakan fokus inti dalam bahasan rapat kerja kali ini sebagaimana dipresentasikan Bapak Wakil Rektor I Bidang Akademik ULM Dr. H. Aminuddin Prahatama Putra, M.Pd menegaskan bahwa pentingnya semua sivitas akademika memahami arah dan tujuan dunia pendidikan yang relevan dengan kondisi saat ini yang mana kedepan diharapkan para pihak terkait bisa secara efektif mewujudkan visi dan misinya sesuai rujukan yang telah diterbitkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia melalui  UU No.12 Tahun 2012 : tentang Sistem Pendidikan Tinggi, Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 : SN-Dikti, dan terakhir Perrektor Nomor 8 Tahun 2020 : mengenai Pedoman Akademik ULM.

Partisipan Saat Rapat Bidang Akademik FEB ULM Berlangsung

Selama Rapat berlangsung suasana akademis sangat terasa kuat, partisipan yang tergabung dalam rapat yang  dilaksanakan secara virtual/ online ini banyak melibatkan Dosen dan Para  Pemegang Jabatan struktural maupun fungsional dilingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis ULM yang aktif memberikan  saran dan pendapat serta wawasannya yang tentunya berguna bagi kematangan dan kemantapan persiapan dalam isu atau topik yang dibahas termasuk juga efektifitas implementasinya terkhusus di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis ULM. Hal ini membuktikan diskusi yang baik akan menghasilkan kesepakatan dan solusi terbaik bagi visi dan misi lembaga menuju pendidikan tinggi yang berkualitas dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dan negara.

FEB ULM 26 Agustus 2020