Eksistensi masa pandemi merupakan bentuk perwujudan kesiapan sumber daya yang ada akan pemanfaatan teknologi yang akan menunjang bagi terlaksananya sebuah kegiatan. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat bekerjasama dengan Komisi Pengawas Persaingan Usaha Republik Indonesia melalui KPPU Kantor Wilayah V Balikpapan dalam pelaksanaan Webinar dengan mengangkat isu hangat terkini menyangkut aspek penting usaha dengan tema “ Persaingan Usaha” Undang  – Undang  Persaingan Usaha dalam Perspektif Ilmu Hukum dan Ekonomi.

Ini tidak lain merupakan isu penting terkini dimana secara faktual banyak kegiatan usaha yang  dalam konteks persaingan usaha  bersaing  secara tidak sehat sehingga dapat menimbulkan berbagai gejala ekonomi yang berdampak pada aspek aspek lain sehingga pemahaman antara aspek ekonomi dan hukum keduanya erat  dikaitkan dengan terjadinya fenomena tersebut hal inilah yang menjadi dasar pentingnya bagi setiap pelaku usaha dalam memahami undang – undang yang berlaku di Indonesia mengenai persaingan usaha dalam perepektif ekonomi dan hukum sebagai pondasi awal agar persaingan yang ada adalah persaingan yang sehat yang dapat menjadikan kualitas inovasi lebih baik bagi masyarakat sebagai pengguna.

Dekan FEB ULM Dr. H. Atma Hayat, Drs. Ec. M.Si., Ak., CA dalam Pemaparan Persaingan Usaha dari Aspek Ekonomi

Webinar secara online membuktikan koordinasi dan kerjasama dapat dilakukan dalam setiap situasi dan kondisi tergantung bagaimana setiap lembaga institusi dapat  melakukan komunikasi dan koordinasi dalam jalinan kerjasama kelembagaan yang baik yang sudah terjalin sehinga semua pihak dapat berkontrubsi dan menghasilkan manfaat bagi setiap bahasan dan kegiatan yang telah dilaksanakan.

Narasumber Dari Aspek Hukum Ketua KPPU RI Bapak Kurnia Toha, S.H., LL.M., Ph.D

Ketua KPPU RI Bapak Kurnia Toha, S.H., LL.M., Ph.D menjadi Narasumber pertama dari perspektif Ilmu Hukum, dan Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis ULM Bapak Dr. H. Atma Hayat, Drs. Ec., M.Si., Ak., CA sebagai Narasumber dalam perspektif  Ilmu Ekonomi. Keduanya berkolaborasi dengan didukung oleh dua Moderator dari masing masing pihak yaitu Bapak M. Hendry Setiawan, SE., M.S.M (kanwil V Balikpapan) dan Bapak Arief Budiman, SE., MMKtg., Ph.D (FEB ULM) yang menambah sinergi pelaksanaan webinar dalam kesempatan kali ini.

Dalam jalannya webinar kedua aspek ekonomi dan hukum sangat berkaitan erat akan persiangan usaha, hal ini dijelaskan dalam pemaparan narasumber utama dimana sejarah awal persaingan usaha dan teori teori hukum yang mendasarinya sudah sangat menjelaskan bahwa aspek hukum dan ekonomi merupakan aspek penting dalam proses dan persaingan usaha sehingga diperkuat dengan pemaparan Dekan FEB ULM mengenai hal apa saja yang dapat dan perlu dipahami bagi setiap individu pelaku usaha mengenai persaingan usaha, dengan memahami kedua aspek tersebut sesuai perkembangan teori ilmu keduanya dalam menjalankan usaha terutama dalam konteks persaingan yang sehat akan menghasilkan inovasi dan kualitas yang baik sehingga kedepan sebuah persaingan dapat menjadi sebuah ajang kompetisi menjadi yang terbaik dari setiap pelaku usaha untuk menghasilkan sesuatu yang terbaik, bersaing secara sehat, dan tentu sebuah inovasi yang dapat meningkatkan produktifitas dalam dunia usaha yang lebih efektif dan efisien bagi aktivitas dunia usaha maupun bisnis.

Banjarmasin 25 September 2020

UPKH FEB ULM