Kamis 11 Februari 2021 bertempat di ruang Dekanat, FEB ULM menerima dua orang tamu perwakilan dari Bank Indonesia Kantor Wilayah Kalimantan Selatan. Kunjungan BI bukan yang pertama kalinya mengingat beberapa kegiatan dan kolaborasi menjadi bagian dari interaksi lembaga keduanya.

Suasana Rapar Koordinasi Rencana Kerjasama FEB ULM & Bank Indonesia Kanwil Kalsel

Dalam kesempatan kali ini Bapak Priyatna dan Husairi (BI) secara khusus bersilaturahmi sekaligus menyampaikan beberapa rencana dan kegiatan kerjasama yang telah dicanangkan dalam beberapa waktu sebelumnya mengingat hubungan yang terjalin dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis ULM selama ini bisa dikatakan intens terutama terkait kegiatan yang bersifat ilmiah menyangkut bidang ekonomi dan bisnis dalam bentuk kegiatan kuliah umum, kuliah tamu, dan seminar.

Poin yang disampaikan merupakan bentuk koordinasi awal bahwa pentingnya kolaborasi antara lembaga terkait satu sama lain, mengingat Fakultas Ekonomi dan Bisnis juga merupakan wadah dimana didalamnya terdapat para akademisi maupun sivitas akademika yang dapat membantu peranan Bank Indonesia dalam memajukan serta menumbuhkan perekonomian khususnya di wilayah Kalimantan Selatan.

Mahasiswa juga merupakan sumber daya yang nyata yang juga dapat dilihat secara strategis guna mendapatkan banyak hal terkait wawasan ekonomi dan pola perbankan yang dijalankan khususnya Bank Indonesia dalam mengelola dana serta menunjang perekonomian regional kalsel.

Hal inilah yang menjadi bahasan antara keduanya mengingat pentingnya bagi mahasiswa dalam menyempurnakan keahlian dan ilmu yang didapat dalam teori selama menjalani perkuliahan dikampus dengan mengaplikasikan semua informasi dan arahan dosen dalam kondisi faktual yang empiris sebagai bekal untuk bisa terjun ke masyarakat setelah lulus dengan kesiapan skill dan kompetensi yang memadai.

Pemaparan Kedua Belah Pihak Dalam Rencana Pengembangan Kerjasama antara FEB ULM dan Bank Indonesia Kanwil Kalsel

Wacana rencana diatas dibahas dalam realisasi rencana kerjasama dalam waktu dekat. Selain merupakan bentuk eksistensi dan kolaborasi keduanya hal diatas juga merupakan kegiatan yang bersifat berkesinambungan dan saling memberikan manfaat, hal ini akan didasarkan pada rencana kerjasama yang akan dibuat secara formil melalui penandatangan surat perjanjian kerja langsung antara BI dan FEB ULM.

Tidak hanya itu dalam prosesnya kendala penyaluran dana kredit sebagai aspek tanggung jawab peran perbankan terhadap masyarakat bukan tanpa hambatan dan rintangan mengingat masih minim nya wawasan dan pemahaman masyarakat terutama UMKM yang memiliki akses kedalam sistem perbankan ditambah lagi dengan istilah dan syarat syarat untuk dapat dinyatakan sebagai objek UMKM yang berhak menerima pinjaman juga masih sangat minim. Peran mahasiswa diharapkan dapat mengubah pola serta memberikan wawasan kepada masyarakat terutama pelaku UMKM dalam memahami aspek keuangan serta usaha untuk dapat berkembang dalam menciptakan kesejahteraan ekonomi.

Tidak adanya pembukuan usaha, perhitungan laba rugi, serta trackrecord usaha yang jelas dan terukur menjadi kendala sekaligus alasan utama kerjasama praktek kerja lapangan (PKL) yang saat ini digunakan istilah “Magang” bagi mahasiswa  FEB ULM diterima dengan pintu terbuka. Kesiapan dasar mahasiswa yang telah menerima pendidikan serta praktek dalam ilmu ekonomi dan bisnis dalam kampus juga merupakan pertimbangan kerjasama magang yang dimaksud yang diharapkan dapat berjalan secara berkesinambungan dan terintegrasi antara tujuan BI dalam menjalankan program perbankannya bagi masyarakat juga FEB ULM yang dapat meluluskan mahasiswa dengan soft dan hard skill yang mumpuni ketika lulus guna menghasilkan SDM maju dan berkualitas dimasa depan.

Rapat koordinasi kerjasama dihadiri oleh seluruh Dekanat serta Ketua Jurusan atau Program Studi di lingkungan FEB ULM guna dapat secara efektif dan jelas kerjasama yang akan ditindak lanjuti tidak hanya sebatas dalam  program “Magang” saja akan tetapi juga dalam konteks pengembangan dan tanggung jawab pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi melalui kontribusi penelitian dan pengabdian masyarakatnya.

Banjarmasin 11 Februari 2021

UPKH FEB ULM