Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Wilayah Kalsel mengadakan rapat pengurus pertama di tahun 2021, setelah sebelumnya diadakan rapat  internal  pada hari rabu 10 februari 2021 secara online mengenai kepengurusan asosiasi gabungan para Profesi Akuntansi  ini. Fakultas Ekonomi dan Bisnis sendiri telah lama menjadi wadah bagi para Akuntan Profesional yang tergabung dalam IAI Wilayah Kalimantan Selatan tersebut yang mana didominasi dengan Dosen yang memiliki gelar Ak (Akuntan) dan CA (Chartered Accountant).

Saat Rapat Musyawarah Pengurus IAI Wilayah Kalsel Berlangsung

Berakhirnya masa kepengurusan IAI Wilayah Kalimantan Selatan Periode 2015-2019 tertunda selama lebih kurang satu tahun. Hal ini dijelaskan oleh Ketua IAI Wilayah Kalimantan Selatan Bapak Dr. H. Fahmi Rizani, MM., Ak., CA., CPA bahwa rencana pelaksanaan pemilihan kepengurusan pasca berakhirnya kepengurusan periode 2015-2019 sudah dicanangkan sejak akhir 2019 lalu sebelum masa berakhirnya surat keputusan IAI Pusat. Dalam prosesnya IAI telah melaksanakan kegiatan kegiatan yang  dianggap sangat berkontribusi bagi para Akuntan pemegang CA dalam memenuhi kewajiban SKP (Satuan Kredit Pelatihan)  dalam bentuk PPL (Pendidikan Profesional BerkeLanjutan) baik secara mandiri maupun kolaborasi. Tidak hanya itu beberapa kegiatan kerjasama uji kompetensi bagi sekolah menengah kejuruan juga dilaksanakan sebagai bentuk tanggung jawab dalam eksistensi keilmuan bagi banyak pihak.

Tahun 2020 merupakan tahun pancaroba dimana awal tahun yang recananya dilaksanakan agenda pemilihan tersebut tertunda kembali karna terjadinya pandemi Covid-9 yang sedang dalam kondisi mengkhawatirkan. Pertimbangan penundaan dengan berbagai kebijakan pemerintah dalam pencegahan pandemi covid-19 turut mendorong kebijakan bahwa konsep “kesehatan diatas segala galanya”. Dalam faktanya surat keputusan yang tertulis dalam kepengurusan tersebut berlaku mundur ini di karnakan pelantikan yang dilaksanakan mundur dari tanggal sk berlaku yaitu pada Bulan Juni Tahun 2016 sehingga secara “Defacto” selama sisa tahun 2019 hingga 2020 tersebut masih dalam tanggung jawab kepengurusan sesuai SK tertera tanpa mengurangi esensi tugas dan tanggung jawab pada masa tersebut.

Rapat yang dilaksanakan secara online yang mengundang para koordinator  bidang dan beberapa anggota perwakilan tersebut dihadiri sebanyak 25 orang termasuk staf executive wilayah khusus dalam membantu serta berkontibusi pada aktivitas dan kegiatan IAI Wilayah selama ini.

Rapat musyawarah membahas mekanisme pemilihan kepengurusan Ikatan Akuntan Indonesia Wilayah Kalimantan Selatan dalam masa pandemi covid-19 yang saat ini masih berlangsung. Salah satu koordinator Bidang Humas dan Kerjasama  Bapak Dr. H. Atma Hayat, Drs. Ec., M.Si., Ak., CA yang juga menjabat sebagai Dekan FEB ULM turut memberikan masukan serta arahannya terkait rencana pelaksanaan pemilihan Ketua IAI Wilayah kalsel periode 2021-2025.

Dr. Alfian Misran, SE., M.Si., Ak., CA (Dosen Jurusan Akuntansi) diundang sebagai tamu khusus diluar pengurus IAI yang dianggap dapat membantu dan turut serta berpartisipasi mengingat pengalamannya menjadi ketua panitia pemilihan selama tiga kali berturut turut dalam pemilihan ketua IAI Wilayah sebelumnya di Kalimantan selatan. Dalam kesimpulannya rapat yang diadakan pada malam hari ini mendapatkan nama nama dalam panitia yang akan melangsungkan mekanisme pemilihan Ketua IAI dimasa pandemi Covid-19 dan akan dilaksanakan secara online diantaranya :

Ketua                  : Dr. Alfian Misran, SE., M.Si., Ak., CA

Wakil Ketua       : M. Nordiansyah, SE., M.Ak., Ak., CA

Sekretaris           : Nur Astri Sari, SE., M.Ak, Ak., CA

Semua berharap IAI dapat berperan lebih baik lagi dalam kepengurusannya dimasa depan serta dapat mengelola SDM Akuntan Profesional secara terintegrasi guna mengoptimalkan peran dan fungsinya dalam membangun Indonesia Maju.

Banjarmasin 17 Februari 2021

UPKH FEB ULM