FEB ULM melalui tim panitia yang dibentuk  oleh surat keputusan Dekan FEB ULM dengan inisiator Guru Besar FEB ULM yang juga merupakan “Regional Economist” Prof. M. Handry Imansyah, M.A.M., Ph.D dalam masa pandemi memperingati Dies Natalis secara online merupakan langkah tepat dalam pemanfaatan teknologi informasi yang semakin gencar dijadikan media utama dalam menunjang kegiatan dalam masa pandemi covid 19.

Panitia Webinar Nasional Dalam Bertugas

Peringatan Dies Natalis Fakultas Ekonomi dan Bisnis ULM yang ke 62 di tahun 2020, FEB ULM akan diperingati dengan kegiatan Seminar Skala Nasional secara daring (Webinar) yang mengangkat Tema :

“Perekonomian dan Bisnis Pasca Pandemi serta Akselerasi Pemulihan”

Hal yang melatar belakangi topik diatas tidak lain adalah upaya Fakultas Ekonomi dan Bisnis dalam memberikan kontribusi serta peran untuk masyarakat dalam memfasilitasi dan memberikan informasi penting akan kondisi perekonomian dan bisnis saat ini di Indonesia.

Sebagaimana diketahui Latar Belakang tema tersebut diangkat mengingat kondisi Pandemi Covid 19 telah memporakporandakan perekonomian Indonesia, sehingga triwulan kedua pertumbuhan
ekonomi mengalami kontraksi 2,97% (yoy). Sektor-sektor yang terdampak sedemikian luas mulai dari usaha besar sampai usaha kecil. Pemerintah berupaya menggelontorkan stimulus fiskal untuk menahan turunnya aktivitas perekonomian dengan memberikan bantuan sosial ke masyarakat kecil yang terdampak baik untuk menjaga konsumsi maupun dari sisi produksi dengan memberikam stimulus berupa pemberian subsidi bunga bagi UMKM.

Melihat kondisi diatas dalam rangka upaya memperingati Dies Natalis FEB ULM yang ke 62 dalam webinar nasional FEB ULM berupaya menghadirkan seluruh elemen penting baik dari Pemerintah maupun masyakarat luas untuk bisa bersama sama menghadapi dan menghasilkan solusi bagi perekonomian dan bisnis pasca pandemi covid 19 serta upaya akselerasi pemulihannya.

Menteri Keuangan melalui Staf Khusus Kementerian Perumus Kebijakan Fiskal, Makro Ekonomi dan Pembiayaan Masyita Crystallin, Ph.D sebagai Keynote Speakers dalam webinar nasional memberikan laporan dan pencerahan terkait kondisi ekonomi dan bisnis serta terobosan dan kebijakan pemerintah dalam menghadapi perekonomian dan bisnis pasca pandemi serta akselerasi pemulihan yang dilakukan. Hal ini dijelaskan bahwa dengan adanya bantuan tunai bagi masyakarat yang terdampak serta upaya pemerintah dalam menangani kontraksi ekonomi dan bisnis dimasa pandemi sudah semaksimal mungkin dilakukan untuk menyelamatkan kondisi perekonomian dan bisnis serta upaya sosial bagi masyarakat yang terdampak, akan tetapi upaya akselerasi pemulihan mengenai waktu berlangsungnya pandemi juga perlu kerjasama yang baik dari masyarakat untuk mematuhi dan melaksanakan anjuran pemerintah baik pusat maupun daerah terhadap kebijakan serta penerapan protokol kesehatan di era new normal agar kondisi pandemi dapat berlalu dan aktivitas serta akselerasi pemulihan bagi ekonomi dan bisnis diindonesia dapat lebih cepat berangsur normal. Tidak Hanya itu Anggota Pimpinan VI Badan Pemeriksa Keuangan RI Prof. Harry Azhar Azis, M.A., Ph.D., CSFA juga turut memberikan pengalaman dan wawasannya terhadap topik yang diangkat sehingga webinar berjalan secara interaktif yang direspon oleh berbagai kalangan masyarakat yang terdaftar di webinar dari berbagai latar belakang seperti Mahasiswa, Akademisi, Pejabat Publik, hingga Pelaku Bisnis dari total 621 Orang peserta yang terdaftar.

Dr. Aviliani, S.E., M.Si dalam Diskusinya dengan Audiens (Akademisi)

Rangkaian acara juga menghadirkan Pengamat Ekonomi INDEF Dr. Aviliani, SE., M.Si yang dengan jelas dan sangat menarik memaparkan bagaimana seharusnya pola bisnis dimasa depan dengan mengikuti konsep “Customer Behaviour” yang harus relevan dengan  perkembangan ekonomi dan bisnis saat ini dengan pola mengikuti perubahan secara optimal dan mengikuti permintaan pasar yang semakin kompleks. Tak kalah menarik pemaparan dan diskusi menarik juga diberikan dari berbagai perspektif bidang ilmu oleh 4 Narasumber Dosen dari internal Fakultas Ekonomi dan Bisnis yaitu  Muhammad Hudaya, S.E., M.M., Ph.D (Akuntansi), Arief Budiman, S.E., M.M.Ktg., Ph.D (Manajemen) termasuk Guru Besar dan Regional Economist Prof. Handry Imansyah, M.A.M., Ph.D. (IESP) hingga sesi akhir webinar.

Prof. Harry Azhar Azis, M.A., Ph.D., CSFA dalam Diskusinya dengan Audiens Webinar

Diakhir webinar dalam interaksi dan diskusi yang diselenggrakan via zoom meeting dengan kapasitas besar yang dapat menampung 1000 audience peserta ini, MC menutup dengan hiburan pantun khas banjar yang cukup menghibur dilanjutkan dengan pengumuman 10 penanya terbaik dan interaktif dipilih oleh panitia yang dibentuk khusus pada webinar nasional FEB ULM dimana diberikan doorprize untuk para pemenang terpilih yang akan dikirimkan ke berbagai alamat sampai ke pelosok negeri mulai Aceh hingga Sorong Papua.

UPKH FEB ULM

03 November 2020

Rattan In Hotel Banjarmasin