Banjarmasin (30/11/2020) – Bertempat di Rattan In Hotel Banjarmasin, Fakultas Ekonomi dan Bisnis ULM kembali melaksanakan agenda penting. Seluruh jajaran Pimpinan (Dekanat, Kaprodi, Senat, Beserta Sekretaris Jurusan) menjadi elemen penting sebagai anggota dari kegiatan penyusunan rencana strategi (Renstra) dan rencana operasional (Renop) Tahun 2021-2025 yang sudah mulai dirancang Dekanat sejak beberapa bulan terakhir di tahun 2020 dan menjadi program utama kampus sebagai pedoman dan rumusan arah selama lima tahun kedepan sebagai langkah awal perbaikan dalam setiap perjalannnya menjadi lebih baik dari masa lalu.

Narasumber Saat Pemaparan Berlangsung

Rencana operasional merupakan roda utama pergerakan kampus dimana layanan dan fasilitas yang diberikan kepada stakeholders dapat menjadi acuan bagaimana pengelolaan yang efiktifitas dan efisien diberikan demi mewujudkan layanan yang unggul, maju dan berdaya saing. Maju tidaknya sebuah organisasi didasarkan pada pola kepemimpinan serta kompleksitas dalam menangani setiap dinamika yang terjadi dan tantangan yang bersifat komprehensif dalam bidang yang sama sehingga dapat dikatakan “bertahan” dan berkembang ditengah dinamika persaingan yang semakin kompetitif. Sumber daya yang ada dapat dimanfaatkan secara optimal tentu dengan pola keseimbangan yang “fair” terhadap reward dan punishment untuk mencapai sebuah tujuan yang telah dirancang dan ditetapkan.

Pada agenda inilah seluruh pimpinan yang ada merancang dan membuat pola manajemen pengelolaan berdasarkan pada visi misi yang telah ditetapkan. Tata kelola bagi para elemen sumberdaya yang ada disemua bagian layanan kampus dapat tergambar secara jelas bagaimana mekanisme yang harus dilaksanakan dalam program program di setiap operasional kerja dari pedoman yang ada untuk mencapai tujuan bersama.

Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, hari pertama di tanggal 29 November 2020 de ngan pemaparan rancangan dan pemaparan narasumber mengenai topik penyusunan renstra agar sesuai rancangan dan efektifitasnya dapat selaras dengan tujuan lembaga serta dibuat secara akurat dan erat relevansinya sesuai ketentuan yang berlaku. Hari kedua pada tanggal 30 november hari ini merupakan penutupan kegiatan sekaligus fokus pada bahasan mengenai rencana operasional yang akan dijalankan Fakultas Ekonomi dan Bisnis ULM berdasarkan Visi dan Misi yang telah ditetapkan. Tindak lanjut ini merupakan fokus kerja seluruh elemen fakultas dalam tata kelola kampus yang baik dalam upaya membenahi secara bertahap mengenai apa saja yang perlu di tambahkan dan apa saja yang perlu dirubah demi layanan dan capaian misi yang terintegritas dan tepat serta dapat ditindaklanjuti secara lebih optimal agar terwujudnya visi misi yang sesuai dengan “moto” yang disepakati sebagai kalimat “pengingat” kemana lembaga akan menuju. Hal ini tentu perlu dukungan seluruh elemen sivitas akademika yang dituangkan dalam aturan dan pedoman kerja untuk lima tahun kedepan setelah dicanangkan dalam dua agenda hari ini.

Para Pimpinan Program Studi dilingkungan FEB ULM Saat Pemaparan Narasumber

FEB ULM diketahui telah banyak melalui berbagai dinamika perjalan selama 62 Tahun sejak berdirinya, serta menjadi wadah bagi para sivitas akademika dalam mencetak lulusan yang berdaya saing dan memiliki integritas dalam bidang ilmu ekonomi dan bisnis. Bukan hal yang mudah bertahan hingga saat ini dengan torehan berbagai prestasi dan capaian akademik baik bagi peningkatan eksitensi mahasiswa di kancah nasional maupun status kelembagaan yang telah terakreditasi unggul dalam beberapa Program Studi yang lantas tak membuat sivitas akademika dan pimpinan terkait berpangku tangan.

Dr. Zakhyadi Ariffin, DRs., M.Si (Ketua Program Studi MM) Dalam Pertanyaannya Terkait Renstra dan Renop

Perbaikan dan perbaikan terus dilakukan seiring dengan perubahan dan dinamika dunia pendidikan sehingga FEB diharapkan tetap dalam porosnya dan juga berkembang mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin canggih guna bisa diterapkan dalam memudahkan dan mendukung kecerdasan sosial guna mensejahterakan kehidupan masyarakat dimasa depan dengan lulusan yang dapat bersaing dan berkontribusi bagi setiap tuntutan jaman.

Banjarmasin 30 November 2020

UPKH