Tim Asesor Pada Asesmen Lapangan Virtual Program Studi S1 Manajamen FEB ULM

Dua hari bersejarah pada tanggal 16 17 September 2020 merupakan momen penting bagi Program Studi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis ULM, dalam perjalanannya ini adalah kali pertama Visitasi Borang Akreditasi yang sebelumnya dilakukan secara langsung tidak lagi diberlakukan. Mekanisme terdahulu terkait asesmen lapangan borang akreditasi program studi dilaksanakan asesor yang diutus dari perwakilan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yang ditunjuk mendatangi langsung (Visitasi) ke Perguruan Tinggi yang dimaksud. Namun kali ini ada yang berbeda, Program Studi Jurusan S1 Manajemen FEB ULM menjadi Program Studi Pertama  dilingkungan Universitas Lambung Mangkurat untuk menjalani mekanisme baru dengan asesmen lapangan (AL) yang dilaksanakan secara virtual  dalam jaringan (Daring) dan tatap muka secara online.

Hal ini justru menjadi momentum kedepan bagi Fakultas Ekonomi dan Bisnis untuk dapat melihat sejauh mana kesiapan dan efektifitas seluruh sivitas dalam menghadapi era digitalisasi yang semakin melekat pada setiap aspek aktivitas organisasi yang mana bisa dijadikan acuan dan motivasi untuk berkembang lebih baik dibandingkan dengan asesmen lapangan secara konvensional terdahulu.

Tidak hanya itu dengan berlakunya sistem AL Virtual FEB ULM juga terpacu untuk memberikan yang terbaik dalam setiap kondisi perubahan dan dinamika sistem maupun ketentuan yang berlaku, sehingga segala harapan baik Visi maupun Misi yang telah ditetapkan dapat segera terwujud dengan bantuan dan dukungan semua pihak yang dipercaya dan terlibat didalamnya.

Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis ULM menjadi yang pertama sebagai pelopor dalam asesmen lapangan online dilingkungan Universitas Lambung Mangkurat. Hal ini sekaligus merupakan tantangan dan perjuangan awal dimana pembuktian kerjasama dan kekompakan tim penyusun dan seluruh sivitas dapat diukur dengan terlaksananya asesmen lapangan ini secara sukses.

Dekan dan Tim Asesor Saat Asesmen Lapangan Virtual Berlangsung

Adalah Dr. Mohammad Rizan, SE., MM dari Universitas Negeri Jakarta dan Prof. Dr. H. Raden Andi Sularso, Drs. MSM dari Universitas Negeri Jember yang menjadi tamu penting untuk langsung bertatap muka dalam asesmen lapangan secara virtual Program Studi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat.

Dalam prosesnya seluruh sivitas akademika dari Pimpinan, Dekanat, hingga jajaran seluruh Dosen manajemen dan tenaga kependidikan turut hadir dan siap memberikan semua dukungan untuk terlaksananya kegiatan yang penting ini dimana posisi dan kondisi sebagai yang pertama kali merupakan tugas yang tidak mudah akan tetapi menjadi sangat penting dimana dapat menjadi referensi kunci dalam mekanisme kegiatan serupa dimasa depan untuk mewujudkan semua harapan dan perjuangan seluruh civitas akademika dalam mencapai Visi nya “ Menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Dengan Reputasi Nasional”.

Dua hari melalui proses asesmen lapangan secara virtual menjadikan cerita tersendiri bagi sivitas akademika Fakultas Ekonomi dan Bisnis ULM, kekompakan dan solidaritas pun terjadi dalam prosesnya dimana semua Dosen yang terhalang jarak dan waktu juga tetap memberikan sumbangsih peran dan fungsinya secara virtual melalui video conference untuk momen asesmen virtual. Semua rintangan dan hambatan baik psikis maupun teknis tetap dapat diatasi dengan optimal dengan bersama sama memfokuskan pada optimalisasi sumber daya yang ada serta kecepatan mengambil langkah yang solutif.

Sebagai pelaksana pertama setiap kendala dapat diatasi dengan peran leadership yang baik dan koordinasi dari berbagai pihak terkait yang terus berjuang untuk memberikan bantuan, ide, gagasan, dan kemampuannya demi terlaksananya dengan lancar kegiatan ini. Hal ini membuktikan bahwa tidak ada yang tidak dapat diselesaikan dengan kekompakan, koordinasi, dan saling menghargai serta perencanaan yang matang dimasa yang akan datang.

Secara umum dalam terlaksananya kegiatan ini seluruh elemen Fakultas merasa puas dan bangga akan partsisipasi semua pihak yang telah mendedikasikan seluruh tenaga, waktu, dan pikirannya sehingga telah terlaksananya asesmen lapangan Program Studi S1 Manajemen dengan lancar dan sukses sesuai yang diharapkan.

Dalam sesi akhir acara asesmen lapangan secara virtual / online  pada hari kamis tanggal 17 September 2020 Dekan FEB ULM menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada semua Sivitas Akademika mulai Ketua Senat Fakultas, Dekanat, Ketua Jurusan, Sekretaris, Dosen, Hingga Tenaga Kependidikan dan semua tim yang terlibat yang telah memberikan semua peran dan dukungannya demi terlaksananya kegiatan ini yang tidak lain demi meningkatkan kualitas dan standar pendidikan khususnya di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis ULM dalam mencetak insan unggul dimasa yang akan datang.