Guru  Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat Bapak Prof. M. Handry Imansyah, MAM, Ph.D kembali menjadi Narasumber dalam kegiatan “Webinar Kajian Fiskal Regional Kalimantan Selatan” yang dilaksanakan oleh Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Selatan dengan mengangkat Tema “Bagawi Baimbai Barataan Bagarak Gasan Kemajuan Banua” yang dilaksanakan pada Rabu 16 September 2020.

Webinar dilaksanakan dalam upaya eksistensi pelaksanaan aktivitas dan program yang telah ditetapkan kedua institusi tentu dalam optimaliasi sumber daya informasi dan teknologi dalam masa pencegahan penyebaran virus covid-19 di situasi pandemi serta peningkatan jumlah penderita infeksi Covid-19 khusunya di Kalimantan Selatan.

Ini merupakan kolaborasi berkelanjutan yang mana diketahui Prof. M. Handry Imansyah, MAM., Ph.D selaku “Regional Economist” dan juga sebagai Dosen di FEB ULM bukan kali pertama bekerjasama dalam berbagai kegiatan ilmiah lainnya baik dengan berbagai lembaga dan institusi pemerintah maupun swasta juga dengan Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Selatan sehingga dapat dilihat kontribusi keduanya dalam membangun serta memberikan hasil kajiannya untuk kebijakan kebijakan ekonomi lebih baik dimasa depan.

Adapun kegiatan ini dipandang sangat penting bagi para pemangku kepentingan (Stake Holder) serta masyarakat luas mengingat dalam mengetahui dan memahami situasi dan kondisi ekonomi saat ini merupakan tujuan utama diadakannya webinar kali ini yang didapat dari hasil kajian yang telah dirangkum sedemikian rupa untuk dapat disajikan kepada semua pihak terkait dan masyarakat luas sebagai bentuk laporan dan informasi terkait situasi dan kondisi ekonomi saat ini di Provinsi Kalimantan Selatan.

Kegiatan Kajian Fiskal Regional (KFR) merupakan hasil kajian Kanwil Direktorat Jenderl Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Selatan terhadap pelaksanaan kebijakan fiskal nasional di tingkat regional berdasarkan ukuran dan evaluasi efektivitas kebijakan fiskal pemerintah terhadap ekonomi regional melalui ukuran indikator ekonomi makro. Dalam KFR ini disajikan evaluasi terhadap sinkronisasi kebijakan fiskal nasional dengan kebijakan pembangunan di daerah dalam mendorong perekonomian dan kesejahteraan masyarakat khusunya di Provinsi Kalimantan Selatan.

Hal ini tidak lain dalam rangka menindak lanjuti hasil Kajian Fiskal Regional Semester I 2020 antara Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Selatan beserta Ekonom Regional yang juga Guru Besar FEB ULM yang akan disampaikan kepada publik melalui kegiatan sharing informasi  dari hasil kajiannya untuk para stakeholder dan komponen masyarakat daerah agar dapat mengetahui apa dan bagaimana mengenai kebijakan ekonomi  kedepan dari keadaan dan situasi ekonomi saat pandemi berlangsung ditahun 2020 ini agar pembangunan dan kesejahteraan masyarakat  dapat terus tumbuh dan bertahan menjadi lebih baik.

Kedepan masyarakat dapat menilai dan mengambil langkah langkah cerdas terhadap kebijakan yang telah ditetapkan pemerintah pusat dan pemerintah daerah khususnya skala mikro untuk tetap bisa mengelola aktivitas aktivitas ekonomi dimulai dari skala kecil rumah tangga yang sederhana hingga paham dan efektif bagaimana seharusnya bergerak melakukan langkah- langkah preventif dalam masa pandemi terkait penularan virus covid-19 yang sangat berdampak signifikan pada aspek ekonomi.

Banjarmasin 16 September 2020

UPKH FEB ULM